Follow Us

  • Share

    13 Tempat Wisata di Lombok yang Harus Anda Kunjungi!

    Sepulsa Mates, banyak dari Anda yang mulai menyadari bahwa Bali menjadi tempat wisata ikonik Indonesia yang semakin ramai dan mainstream. Keindahan dan keseruan beraktivitas di Bali menarik perhatian pengunjung dalam negeri hingga luar negeri. Supaya Anda tidak jenuh berlibur ke tempat yang sama, cobalah berkunjung ke Lombok.

    Hanya beberapa jam dari Bali, Anda akan menemukan beragam tempat wisata dengan keunikannya sendiri. Walaupun Bali dan Lombok berdekatan, budaya lokal masing-masing sangat berbeda. Nama Lombok akhir-akhir ini terngiang di telinga pengunjung lokal dan internasional namun Anda tidak menemukan mereka sebanyak di Bali.

    Ketika Anda berada di Lombok, Anda akan menemukan berbagai tempat wisata. Mulai dari yang memacu adrenalin seperti berselancar dengan ombak yang tinggi hingga chillax (Chill and relax) di Pulau yang tidak berpenghuni. Sepulsa akan membahas mengenai tempat wisata di Lombok yang musti Anda kunjungi!

    13 Tempat Wisata di Lombok yang Harus Anda Kunjungi

    1. Pantai Pink (Pantai Tangsi)

    Tempat Wisata di Lombok

    Pantai yang berpasir pink hanya ada beberapa di Dunia dan kita amat sangat beruntung salah satunya berada di Indonesia. Warna pink yang Anda lihat pada pantai ini merupakan hasil perpaduan antara pasir putih pantai dengan serpihan batu karang yang berwarna merah kecokelatan. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah pada pukul 08.00 hingga 16.00 sehingga Anda dapat melihat warna pink yang lebih terang dan jelas. 

    Pantai Pink atau dikenal sebagai Pantai Tangsi oleh masyarakat lokal, terletak di Desa Sekaroh, Jerowaru, Lombok Timur. 

    1. Pantai Sekotong

    Tempat Wisata di Lombok

    Anda suka pantai yang nggak terlalu banyak orang? Nah, Anda cocok nih berkunjung ke Pantai Sekotong yang terletak di bagian barat daya Pulau Lombok. Pantai Sekotong menawarkan aktivitas snorkeling dan diving. Oh ya, kalau Anda punya waktu lebih Anda bisa mampir ke melewati Desa Pelangan dimana masyarakat lokal menjual emas. Emas yang mereka jual merupakan hasil tambang mereka yang dilakukan secara tradisional. 

    1. Pantai Bangko-Bangko

    Tempat Wisata di Lombok

    Bosan berselancar dengan ombak yang biasa aja? Kenapa Anda nggak coba berselancar di Pantai Bangko-Bangko? Pantai ini dikenal sebagai desert point oleh peselancar di seluruh penjuru dunia. Berselancar di Pantai ini bakal memacu adrenalin Anda.

    Pantai Bangko-Bangko (desert point) terletak di bagian barat Pulau Lombok.

    1. Pantai Senggingi

    pantai senggigi

    Umumnya, masyarakat luas di Indonesia mengenal Pantai Sengingi sebagai sebuah ikon yang melambangkan Pulau Lombok. Garis pantai yang sangat panjang membuatnya berbeda dari pantai-pantai lain di seluruh penjuru Indonesia. Karena pantai ini ikonik, jangan kaget jika pantai ini sangat ramai dikunjungi. Anda dapat menjangkau pantai ini dengan berkendara ke utara dari kota Mataram selama 20 menit. 

    1. Pantai Tanjung Bloam

    Tempat Wisata di Lombok

    Berbeda dengan pantai umumnya yang bermandikan pasir, Pantai Tanjung Bloam mempunyai bebatuan yang meramaikannya. Disamping itu, pantai ini juga memiliki pasir putih. Pemandangan pantai ini menawarkan aksen bebatuan dan juga Anda bisa melihat karang disana, membuatnya berbeda dengan pantai lainnya. Saat Anda berkunjung ke pantai ini, Anda berkesempatan untuk melihat penyu berenang. 

    Pantai Tanjung Bloam ini terletak di Desa Temeak, Jerowaru, Lombok Timur.

    1. Pantai Semeti

    Tempat Wisata di Lombok

    Pantai biasanya identik dengan pasir yang berwarna jenih. Namun berbeda dengan yang satu ini, Pantai Semeti penuh dengan bebatuan. Suasana pantai bebatuan ini menjadikan pengalaman yang langka. Anda bisa mengunjungi Pantai Semeti ini yang terletak di Desa Mekar Sari, Praya Barat, Lombok Tengah.

    1. Tanjung Aan

    Tempat Wisata di Lombok

    Ketika Anda mengunjungi Tanjung Aan, Anda akan melihat sekitarnya dikelilingi oleh tebing tinggi dan bebatuan. Bebatuan tersebut telah lama berkontak dengan ombak laut sehingga ada sebuah batu yang memiliki bentuk yang khas yaitu batu Payung yang sering menjadi objek foto pengunjung Tanjung Aan.

    Anda bisa menjangkau Tanjung Aan dengan berkendara menuju pesisir selatan Pulau Lombok dari kota Mataram selama 2 jam. 

    1. Island Hopping ke Gili Kedis

    Tempat Wisata di Lombok

    Pulau Lombok memang terkenal dengan Gili (pulau kecil) yang berada disekitarnya. Adapun sebuah Gili yang tidak ada penduduknya yaitu Gili Kedis dan pulau inipun tidak kalah menakjubkan–berpasir putih dan terdapat bebatuan yang sangat instagrammable. Anda juga bisa island hopping ke 2 Gili lainnya yaitu Gili Nanggu dan Kedis. 

    Gili Kedis terletak di Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat.

    Oh ya, Jika Anda berencana untuk berkunjung ke Gili Trawangan, jangan lewatkan untuk berfoto di ayunan atau bersantai di hammock yang terletak di tengah lautan.

    1. Taman Wisata Alam Gunung Tunak

    Tempat Wisata di Lombok

    Ingin melihat pemandangan 360 Pulau Lombok? Anda berkunjung ke tempat yang tepat. Taman Wisata Alam Gunung Tunak menyajikan pemandangan laut dan tebing-tebing sekitar. Agar dapat melihat seluruh pemandangan bagian selatan Pulau Lombok ini, Anda harus menaiki menara pandang yang cukup memacu adrenalin. 

    Taman Wisata Alam Gunung Tunak terletak di Desa Merta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.

    1. Rumah Pohon Mata Air Kakong

    Tempat Wisata di Lombok

    Butuh pelarian ke alam dalam waktu yang cepat saat berada di Kota? Anda bisa mendapatkan pemandangan serba hijau dengan suasana alam yang tenang di Rumah Pohon Mata Air Kakong. Suasana yang teduh membuatmu ingin berlama-lama di tempat ini. 

    Rumah Pohon Mata Air Kakong terletak di Desa Bantek, Gangga, Lombok Utara.

    1. Bukit Selong

    Tempat Wisata di Lombok

    Manjakan diri Anda dengan pemandangan bebukitan yang tak hanya diramaikan oleh nuansa hijau teduh tetapi juga beragam sawah yang terlihat seperti untaian beragam pola. 

    Bukit Selong terletak di Desa Sembalun Lawang, Sembalun, Lombok Timur.

    1. Gunung Rinjani

    Tempat Wisata di Lombok

    Gunung Rinjani adalah gunung tertinggi kedua di Indonesia. Destinasi favorit bagi pendaki ini memerlukan persiapan yang matang untuk mendakinya, mulai dari kesehatan pendaki, peralatan mendaki yang memadai dan makanan dan minuman yang cukup selama mendaki gunung. Anda memerlukan 4 hari 3 malam untuk mencapai puncak Gunung Rinjani. Agar mendaki lebih mudah, Anda bisa menyewa instruktur yang akan mengarahkan Anda ke puncak gunung.

    Gunung Rinjani terletak di Balai Taman Nasional Gunung Rinjani, Jl. Arya Banjar Getas – Lingkar Selatan, Mataram, Lombok Barat.

    1. Desa Bayan Sasak

    Tempat Wisata di Lombok

    Tahukah Anda Desa Bayan Sasak merupakan desa yang telah ada sejak abad ke-17? Harta kebudayaan Sasak yang masih berlangsung ini bisa Anda kunjungi untuk melihat bagaimana kegiatan mereka sehari-hari. Aktivitas yang terkenal adalah cara menenun kain atau songket secara tradisional. Disamping itu, Anda akan terpukau dengan bentuk rumah tradisional yang masih digunakan oleh masyarakat lokal.

    Banyak yang mengatakan kalau kenangan eksis untuk selamanya. Kenangan travelling ke tempat-tempat seru seperti ke Lombok selain Anda dokumentasikan dalam bentuk foto, kenapa tidak Anda lakukan juga dalam bentuk cerita? Cerita-cerita petualangan travelling pastinya seru banget jika Anda bagikan ke teman atau keluarga. Sekarang banyak blog dalam bentuk mobile, jadi bisa update dimana dan kapan saja melalui handphone Anda secara online! 

    Nah gak usah pusing gimana cara online selama liburan di pulau-pulau yang jauh dari tengah kota. Ada, Sepulsa, Aplikasi untuk beli paket data online dan beragam transaksi lainnya yang cepat dan mudah. Anda bisa mengetahuinya lebih dalam disini. Aplikasi Sepulsa tersedia di Google Play dan App Store

    Happy travels, Sepulsa Mates!

    Baca Juga

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah